Wednesday, January 16, 2019

Main ke Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev.




Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev adalah sebuah perpustakaan yang berisi seluruh koleksi dan karya milik Daniel S. Lev. Siapakah Beliau? Yuk kenalan dulu..


Daniel S.Lev adalah seorang profesor ilmu politik terkemuka dan seorang yang tertarik dan perhatian terhadap segala sesuatu tentang indonesia (Indonesianis). Beliau lahir lahir di Youngstown, Ohio23 Oktober 1933 dan meninggal di SeattleWashingtonAmerika Serikat29 Juli 2006 pada umur 72 tahun dikarenakan kanker paru-paru yang diidapnya. Prof. Dan S.Lev banyak berjasa mendidik ahli hukum dan politik indonesia pada masa soekarno. Prof. Dan telah mengabdikan seluruh hidupnya untuk memajukan kehidupan intelektual, kehidupan demokrasi, memperkokoh pemahaman negara hukum dan pemerintahan konstitusional, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia di Indonesia

Prof. Dan begitulah panggilannya yang diberikan oleh para muridnya. Beliau banyak sekali menorehkan kenangan dan menghasilkan tulisan di indonesia. Sebelum beliau meninggal dunia, ia meninggalkan wasiat penting, yaitu Prof. Dan menghibahkan seluruh koleksi buku-bukunya kepada 3 lembaga yang bergerak di bidang hukum.  Dalam wasiatnya, ia berpesan bahwa buku-buku koleksinya tak boleh didiamkan. Mereka harus dibaca, dijadikan sebagai sumber pelajaran dan diskusi. Diharapkan para Ilmuan muda Indonesia dapat memanfaatkan koleksi yang sangat berharga tersebut. 3 lembaga yang mendapat koleksi hibah tersebut merupakan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), hukum online, dan Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan (LeIP).

Koleksi yang dihibahkan terdapat sekitar ribuan buku, jurnal, makalah, dan paper yang disumbangkan Prof. Dan dari berbagai bidang disiplin ilmu, tetapi sebagian besar merupakan buku hukum dan politik. Pada akhirnya seluruh koleksi tersebut dikumpulkan dan dikelola dalam satu perpustakaan yang diberi nama “Daniel S.Lev Law Library” atau Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. hal tersebut dilakukan sebagai bentuk tribute terhadap beliau.

Perpustakaan hukum Daniel S. Lev (Daniel S. Lev Law Library) Didirikan pada tahun 2006. Namun pada tahun 2011 perpustakaan hukum Daniel S. Lev ini berubah menjadi perpustakaan perguruan tinggi karena adanya Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Jentera dan perpustakaan ini terfokus untuk memenuhi kebutuhan informasi dari mahasiswa STIH Jentera.






Koleksi yang ada di Perpustakaan Daniel S. Lev ini yaitu:

1) Koleksi hibah yang terdiri dari, Koleksi Prof. Daniel S. Lev, Koleksi Prof. Erman Radjagukguk, dan koleksi Arif T Surowidjojo.
2) Koleksi referensi, yang terdiri dari, Kumpulan peraturan- peraturan pengadilan, Yurisprudensi, Kebijakan lembaga peradilan, dan Kamus.
3) Koleksi Digital, perpustakaan ini juga menyediakan Koleksi digital yang dapat diakses di database Hukumonline.com.
4) Koleksi Terbitan Berseri, diantaranya yaitu Berbagai jurnal, Majalah, Buletin yang berkaitan dengan hukum maupun umum, dan News Letter

Berikut layanan dan fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev :

  • Layanan Sirkulasi

Layanan Sirkulasi yang terdapat di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev disini yaitu layanan peminjaman dan pengembalian koleksi bahan pustaka layanan ini hanya diperuntukan untuk anggota perpustakaan yaitu mahasiswa STIH Jentera.
  • Layanan Referensi

Layanan rujukan atau layanan referensi disediakan untuk membantu pemustaka menelusuri informasi dalam berbagai subjek guna membantu mahasiswa sebagai tambahan referensi dalam kegiatan perkuliahan. Dalam hal ini yaitu buku-buku seperti perundang-undangan ensiklopedia dan lain sebagainya.
  • Layanan Newsletter

Merupakan produk layanan kemas ulang informasi yang terbit di setiap minggunya, berisikan tentang kegiatan perpustakaan, jurnal-jurnal hukum, akses e-journal dan koleksi bahan pustaka terbaru.
  • Layanan photocopy, scan dan print

Memudahkan pemustaka eksternal apabila membutuhkan suatu informasi dari koleksi yang ada di perpustakaan ini. Hal ini dilakukan sebagai alternatif dari keterbatasan akses pengguna eksternal yang tidak dapat menjadi anggota perpustakaan yang otomatis juga tidak bisa meminjam koleksi perpustakaan.
  • Inventaris Perpustakaan

Layanan khusus bagi pemustaka internal yaitu mahasiswa STIH Jentera yang membutuhkan peminjaman berbagai barang tertentu seperti laptop, kabel roll, kamera dan lainnya.
  • Layanan Ruang Rapat (Ruang Diskusi)

Yaitu layanan sebuah ruangan yang didalamnya disedikan kursi dan meja seperti yang diperuntukan untuk rapat dan diskusi baik untuk pemustaka, pustakawan dan juga dosen STIH Jentera didalamnya juga terdapat koleksi bahan pustaka yaitu koleksi 000 dan 900.
  • Layanan minum

Layanan ini merupakan yang diberikan oleh Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev guna meningkatkan kenyamanan kepada para pemustaka disini disediakan kopi, teh manis dan juga air mineral.
  • Layanan Internet

Disediakan beberapa komputer yang telah tersambung ke internet. Komputer ini dilayankan untuk digunakan oleh pemustaka.
  • Fasilitas

Fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan Hukum Daniel S. Yaitu, pertama, ruang baca diperuntukan untuk pemustaka membaca buku ataupun mengerjakan tugasnya di perpustakaan Daniel S. Lev. Di ruang baca ini tidak hanya disediakan meja dan kursi saja namun juga disediakan kabel rol apabila pemustaka membuutuhkan listrik untuk mencharger laptop atau,  handphone. Kedua, loker yang bertujuan untuk menyimpan barang pemustaka sebelum memasuki area perpustakaan.


Untuk kalian yang tertarik untuk mampir ke Perpustakaan Daniel S. Lev ini, yang tepatnya berada di Puri Imperium Plaza UG floor, dengan alamat jalan Kuningan Madya Kaling 5-6 Jakarta. Atau kalian bisa akses website perpustakaannya di danlevlibrary.net







4 comments: