Tuesday, January 15, 2019

Organisasi Mahasiswa Yang Ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta



Hai readers! Dikesempatan kali ini aku akan bahas apa itu organisasi-organisasi kemahasiswaan? Dan organisasi apa aja yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?


Artikel ini cocok banget untuk kamu-kamu yang ingin tau lebih jauh tentang uin Syarif Hidayatullah Jakarta, mungkin kamu mau masuk uin dan kepo nanti akan masuk organisasi apa aja. Atau kamu sudah jadi mahasiswa UIN Jakarta tapi belum kenal banget sama organisasi apa aja yang ada di uin. Yaudah gausah banyak basa basi lagi ya, yuk langsung aja disimak!

Untuk menunjang tri dharma perguruan tinggi dalam kegiatan pembinaan mahasiswa, UIN jakarta memudahkan mahasiswa nya untuk membentuk yang namanya Student government. Student government adalah kelembagaan politik mahasiswa format negara mahasiswa, atau gerakan mahasiswa yang dilembagakan.
Student Government atau lembaga kemahasiswaan ini terbagi menjadi beberapa tingkat, yaitu tingkat universitas, Fakultas, dan Jurusan atau Program Studi yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu, ada juga unit-unit kegiatan mahasiswa yang niasa disingkat UKM. unit-unit kegiatan ini bergerak di berbagai bidang tertentu yang bisa diikuti oleh mahasiswa sesuai minat dan bakatnya. Lembaga-lembaga kemahasiswaan tersebut adalah.

Lembaga kemahasiswaan Tingkat Univesitas :

1. Senat Mahasiswa (SEMA-U)
2. Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA-U)
3. Unit Kegiatan Mahasiswa :

a.Lembaga Dakwah Kampus (LDK)
b. Himpunan Qari-Qari’ah Mahasiswa (HIQMA)
c. Lembaga Pers Mahasiswa (INSTITUT)
d.TEATER SYAHID
e. Paduan Suara Mahasiswa (PSM)
f. Federasi Olah raga Mahasiswa (FORSA)
g. Kelompok Pencinta Alam-Arti Keagungan dan Keindahan Alam (KPA-ARKADIA)
h. PRAMUKA
iResimen Mahasiswa (MENWA)
j. Komunitas Musik Mahasiswa-Ruang lnspirasi Atas Kegelisahan (KMM-RIAK)
k. Korps Suka Rela – Palang Merah Indonesia (KSR-PMI)
l. Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
m. Kelompok Mahasiswa Lingkungan Hidup Kemahasiswaan (KMPLHK)/Kembara lnsani lbnu Battuttah (RANITA)
n. Bahasa Foreign Languages Association (BAHASA FLAT)
o. Komunitas Mahasiswa Fotografi (KMF) KALACITRA

Tingkat Fakultas :

Lembaga kemahasiswaan yang ada di tingkat Fakultas yaitu Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA-F), dewan eksekutif mahasiswa (DEMA-F), dan Lembaga Semo Otonom (LSO).


Tingkat jurusan :

Pada tingkat jurusan, lembaga kemahasiswaan yang ada adalah Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan (BEM-J), bisa disebut Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), atau Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

Secara garis besar kegiatan kemahasiswaan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta disalurkan melalui organisasi atau lembaga Kemahasiswaan diatas. Organisasi-organisasi tersebut mengatur dan melakukan kegiatan kemahasiswaan di bidang ekstrakurikuler, keilmuan, pengembangan minat dan bakat, dan juga sosial kemasyarakatan.


Untuk Informasi lebih lanjut, yuk klik artikel UIN Jakarta : Organisasi Kemahasiswaan

4 comments: