Tuesday, January 15, 2019

Untungnya Jadi Anggota Perpustakaan Tertinggi di Dunia



Belum pernah ke perpusnas? Belum buat kartu Anggota perpusnas?
Di artikel ini aku akan kasi tau tentang perpustakaan nasional, gimana caranya membuat kartu anggota Perpustakaan Nasional dan apa aja keuntungan punya keanggotaan tersebut.

Perpustakaan nasional sebelumnya bertempat di Jalan Salemba, dan kemudian sebagian layanan perpustakaan nasional berpindah ke gedung baru yang berlokasi di jalan Medan Merdeka Selatan di samping gedung balai kota. Untuk akses ke perpusnas sangatlah mudah dan strategis, bisa menggunakan Transjakarta dan turun di halte balai kota, perpusnas tepat berada di seberang. Tahukah kamu? Perpusnas Republik Indonesia merupakan Perpustakaan nasional tertinggi di dunia dengan memiliki 24 lantai dan tinggi 126,3 Meter.


Ketika masuk ke halaman perpustakaan nasional, kamu akan disambut dengan gedung museum yang bernuansa arsitektur zaman batavia. Museum ini berisi koleksi sejarah perpustakaan, sejarah masuknya literasi dan lain sebagainya. Museum tersebut kemudian tembus ke arah masuk gedung yang memiliki 24 lantai ini.

Ketika kamu masuk lobby atau lantai satu perpusnas, kamu akan dibuat terkesima dengan rak buku yang berdiri menjulang setinggi empat lantai. Sebelum kamu memasuki ruangan-ruangan yang ada di perpusnas, kamu diharuskan untuk menyimpan tas dan barang bawaan di ruangan loker di lantai 1.
Untuk yang belum pernah mendaftar menjadi anggota Perpusnas, Kamu bisa ke lantai 2 untuk melakukan pendaftaran. Satu-satunya syarat yang harus kamu miliki untuk mendaftar yaitu KTP, jika belum memiliki KTP bisa membawa Fotokopi Kartu Keluarga. Layanan keanggotaan ini dilakukan dengan sistem self-service pada pengisian data diri. Jadi perpusnas menyediakan puluhan komputer untuk pengisian data diri. setelah selesai mengisi data, mesin yang ada disamping masing-masing komputer akan mengeluarkan struk berisikan nomor antrian untuk pengambilan foto dan pembuatan kartu. Setelah itu, tunggu sampai nomor yang kamu miliki dipanggil ke counter tertentu untuk pengambilan foto dan verifikasi ulang data dengan sambil membawa KTP.


FYI, Kuota pembuatan anggota perpusnas hanya 500 orang perhari pada senin-jumat sampai pukul 17.30, sedangkan pada sabtu dan minggu perpusnas membatasi kuota hanya sebanyak 400 orang. masa berlaku kartu aggota perpusnas juga cukup panjang  yaitu 10 tahun. Dan juga pembuatan kartu anggota perpusnas tidak dipungut biaya sepeser pun. Semuanya gratis!

Keuntungan apa aja sih kalau punya kartu anggota perpusnas? Keuntungannya adalah kamu mempunyai akses dan memanfaatkan secara gratis semua referensi ke seluruh situs jurnal, artikel, dan e-book yang telah dilanggan oleh perpustakaan nasional, kalian bisa mengakses E-Resource Perpustakaan Nasional. Keuntungan selanjutnya yaitu pemesanan koleksi sebanyak 3 judul, dan pembuatan reproduksi koleksi bisa dalam bentuk fotokopi, rekaman, bentuk mikro, maupun digital. Dan masih banyak lagi keuntungan menjadi anggota Perpusnas.



Hari gini belum jadi Anggota Perpusnas? Yuklah buruan daftar agar dapat segudang manfaat!

7 comments:

  1. Waah jadi bangga punya perpus tertinggi di dunia, sayang banget ya ka kalo ga dimanfaatkan dengan baik

    ReplyDelete
  2. Wah bermanfaat sekali informasinya

    ReplyDelete
  3. kalau boleh tau bikin kartu keanggotaannya berapa lama ya kak? soalnya waktu aku kesana rame banget, mager hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet banget ko,tinggal daftar di tempat secara online lalu mendapatkan kartu antrian setelah itu foto sudah jadi

      Delete
  4. Pas masuk sempit tapi. Ga sesuai standar yg mereka buat 🤔

    ReplyDelete
  5. Recommended buat ngisi liburan, ga nyesel, dijamin

    ReplyDelete