Wednesday, January 16, 2019

Upaya Peningkatan Layanan Deposit Perpustakaan FAH UIN Jakarta



Perpustakaan fakultas adab memiliki layanan-layanan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. Salah satu Layanan tersebut yang asing di telinga yaitu, layanan deposit
. Layanan deposit adalah layanan penyimpanan dan peminjaman karya ilmiah yang dibuat oleh civitas akademika FAH UIN Jakarta yang terdiri dari skripsi, tesis, dan disertasi. Perpustakaan FAH mewajibkan seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan skripsinya untuk menyerahkan karya tulisnya ke perpustakaan fakultas. Dalam bentuk satu eksemplar skripsi tercetak beserta CD yang berisi soft file skripsi.
Setelah itu, skripsi tersebut akan diolah di perpustakaan. Diawali dengan menginput metadata karya tersebut, kemudian mendapatkan nomor barcode dan nomor panggil, setelah itu skripsi yang telah diolah akan dishelving di rak khusus skripsi berdasarkan jurusan. Kegiatan deposit tersebut sampai sekarang masih dilakukan oleh Perpustakaan FAH. Berdasarkan pengamatan, semakin banyak mahasiswa yang lulus maka akan semakin banyak karya tulis yang disimpan oleh perpustakaan. Hal tersebut mengakibatkan penuhnya rak, pemustaka yang ingin mencari skripsi kerap menemukan kesulitan dalam temu kembali karena tercampur-campur, seringnya OPAC mengalami gangguan. Skripsi yang berbahasa arab juga sulit untuk ditemukan karena perbedaan transliterasi antara pustakawan dan pemustaka.
Kebijakan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan FAH yaitu, penyerahan skripsi, pengolahan dan peminjaman. Kendala yang dihadapi Perpustakaan FAH dalam melaksanakan layanan deposit adalah petugas sering tidak ada ditempat saat penyerahan skripsi, jumlah petugas yang terbatas dalam mengolah skripsi dibandingkan dengan banyaknya jumlah skripsi yang harus diolah dengan cepat, sistem komputer yang sering mengalami gangguan, staff perpustakaan kesulitan dalam memahami teks bahasa arab sehingga berdampak pada pengolahan kaya tulis yang berbahasa arab, rak untuk peyimpanan skripsi yang terbatas, OPAC yang tidak membantu, Skripsi yang nyasar, pengelompokkan skripsi yang kurang spesifik, dan yang terakhir yaitu nomor panggil skripsi yag kurang bisa dipahami.
Upaya yang telah dilakukan oleh perpustakaan FAH UIN Jakarta adalah, pertama, penambahan staf perpustakaan, mendatangkan staf IT yang baru, ide untuk mengadakan stand barcode scanner, upaya penambahan ruang perpustakaan, bekerja sama dengan jurusan ilmu perpustakaan yang berada dibawah naungan FAH, dan usulan untuk menyeleksi skripsi.

0 comments:

Post a Comment