Wednesday, January 16, 2019

Melancong ke Perpustakaan Hitz milik Bank Indonesia




Pernahkah kamu ke perpustakaan yang hitz ini? perpustakaan yang akan aku bahas kali ini bener-bener rekomen banget. penasaran? yuk langsung aja, check this out!

Perpustakaan Bank indonesia yang biasa disingkap menjadi Perpustakaan BI ini terletak di jalan M.H Thamrin, dan tepatnya berada di gedung B lantai 2. Perpustakaan Bank indonesia terbagi menjadi dua yaitu Perpustakaan Umum dan Perpustakaan Riset. Perpustakaan umum berisi tentang koleksi umum, koleksi anak-anak, dan lain sebagainya. Sedangkan pada perpustakaaan riset berisi sumber bahan referensi atau rujukan seperti laporan, statistik, hasil penelitian dan referensi lainnya yang berhubungan dengan ekonomi dan perbankan.

perpustakaan ini tidak menetapkan harga untuk pengunjung dari luar lembaga tersebut, jadi kalau  kamu ingin berkunjung nggak usah takut dikenakan biaya, karena semuanya gratis. Untuk jam buka perpustakaan bank indonesia buka pada pukul 07.15-17.00 WIB. desain perpustakaan Bank Indonesia sangat cozy dan nyaman. didukung dengan furniture, tata ruang dan warna, aspek terebut membangkitkan suasana yang sangat mendukung pemustaka untuk ingin berlama-lama di dalam perpustakaan BI.

Koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaa Bank Indonesia, yaitu sebagai berikut.
·         34.986 judul Buku
·         207 judul (6.281 eksemplar) Jurnal cetak
·         3.297 eksemplar Hasil Penelitian
·         432 Skripsi, 328 Thesis, 1.467 Disertasi
·         9.018 eksemplar Publikasi BI – Statistik
·         3.332 eksemplar Publikasi BI – Laporan
·         126 eksemplar Publikasi BI – Jurnal
·      Koleksi Online: JSTOR, Proquest, ScienceDirect, Emerald, Bulletin Indonesian Economic Studies, ISACA, Gartner, Risk.Net, BMI Research, Forrester, Orbis Bank Focus, EPFR Global, Harvard Business Review, The Economist, Asian Wall Street Journal, Financial Times, DotSolution




Layanan yang ada di perpustakaan Bank indonesia :
  • Layanan Sirkulasi 


Adalah mencakup semua kegiatan pencatatan yang berkaitan dengan bahan pustaka dan keanggotaan. seperti, pinjam, kembali, perpanjang, dll. Perpustakaan bank indonesia merupakan perpustakaan khusus, yang berarti kegiatan sirkulasinya erbatas hanya untuk karyawan saja, dan karyawan dari lembaga tersebut otomatis menjadi anggota perpustakaan. sayangnya Selain karyawan, tidak diperkenankan untuk meminjam bahan pustaka dari perpustakaan tersebut dan mendaftar keanggotaan. ketika aku berkunjung ke Perpustakaan BI, pada saat aku baru saja memasuki area perpustakaan, pustakawan yang berada di meja sirkulasi langsung menyapa dengan sangat ramah, baik dan sopan, lalu memberitahukan prosedur seperti mengisi visitor dan memberikan kunci loker ketika masuk ke dalam perpustakaan.
  • Layanan referensi 


Layanan referensi adalah layanan untuk memberikan jawaban atau saran rujukan bahan pustaka berupa referensi atau bahan rujukan yang dibutuhkan oleh pemustaka. ketika aku berkunjung ke perpustakaan ini, pustakawan sangat siap membantu pemustakanya untuk menemukan bahan referensi yang mereka butuhkan.
  • Layanan koleksi pandang dengar


selain memiliki koleksi tercetak, perpustakaan BI juga memiliki koleksi Audio Visual yang berbentuk kaset, CD, dan lain sebagainya. tidak hanya menyediakan koleksinya saja, tetapi perpustakaan ini juga menyediakan alat untuk memutar koleksi audio visual tersebut, seperti ruangan khusus layaknya ruang meeting yang dilengkapi dengan CD Player, LCD Projector.
isual t
  • Layanan Anak



perpustakaan BI tidak hanya menyediakan koleksi yang bertemakan moneter saja tetapi juga koleksi untuk anak-anak. koleksi anak yang ada di perpustakaan ini pun dipisah peletakkannya didalam satu ruangan khusus yang didesain ramah anak. maksudnya ramah anak yaitu, ruangan untuk layanan ini bernuansa anak-anak dengan pemilihan warna dan furniture yang colorful.
  • Literasi informasi


Literasi informasi adalah layanan pembimbing atau pendidikan pemustaka, yaitu seperti membantu pemustaka menggunakan perpustakaan dengan benar, menggunakan bahan pustaka dan lain sebagainya. Pada perpustakaan Bank Indonesia terdapat layanan literasi informasi dalam bentuk standing banner, plang pemberitahuan diatas meja dan disamping komputer untuk memberitahukan kepada pemustaka peraturan-peraturan di perpustakaan, cara menggunakan komputer, cara mencari E-journal dan E-book di e-resources.
  • Layanan reproduksi


Layanan reproduksi adalah layanan penggandaan koleksi bahan pustaka dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Hampir semua jenis perpustakaan memiliki layanan ini. Pada perpustakaan bank indonesia terdapat layanan reproduksi berupa fotokopi, dikarenakan pada perpustakaan ini pengunjung luar tidak bisa meminjam bahan pustaka, dan akhirnya diadakanlah layanan reproduksi bahan pustaka ini. dan untuk pemustaka luar yang memfotokopi tidak dipungut biaya. 
  • Layanan internet


Layanan yang dimaksud disini dapat berupa perpustakaan menyediakan beberapa komputer untuk pemustaka yang ingin melakukan pencarian informasi, dan juga dapat berupa Wi-Fi gratis yang terdapat di area perpustakaan tersebut. Pada perpustakaan Bank Indonesia menyediakan komputer dan Wi-Fi.

siapa disini jadi mau kesana setelah baca artikel ini?



5 comments:

  1. libur semester ini mau kesini ah, refresing ke perpus keknya tenang banget hihi

    ReplyDelete
  2. Bagus sekali artikelnya nak mail

    ReplyDelete
  3. Iya aku juga pernah ke sana, cozy bgt tmpatnya, pustakawannya juga ramah2 banget loh..ga nyesel sejam keretaan jauh2 dari Depok, melipir di st.tanah abang trus jalan kaki 15 menit sampe deh 👍👍👍

    ReplyDelete